Zat kimia dalam Pasta Gigi Mempengaruhi Thyroid dan Hormon

toothpaste-compressor copy.jpg

Toxic toothpaste ingredients that make us sick, by Michael Edwards

Line TopKita semua ingin memiliki gigi yang putih dan bersih maka kita dan anak kita dengan rajin menggosok gigi dan berkumur demi menjaga kebersihan mulut SETIAP HARI.

Sampai pada suatu hari saya membaca artikel tentang zat-zat BERACUN yang terkandung dalam pasta gigi yang menyebabkan kita sakit. Sebelumnya saya menganggap sepele, karena saya pikir pasta gigi atau obat kumur tersebut tidak ditelan, jadi tidak apa apa.

Tapi KENYATAANNYA adalah dalam mulut merupakan salah satu tempat penyerapan yang paling mudah dan cepat (dalam hitungan detik) di seluruh tubuh. Bahkan beberapa pengobatan sering dilakukan dengan dioleskan di bawah lidah.

Jadi saat menggosok gigi, zat-zat kimia yang terkandung dalam pasta gigi masuk ke dalam mulut dan gusi, gerbang masuk dari seluruh sistem tubuh kita. Zat yang terkandung dalam pasta gigi juga secara perlahan merusak gusi dan enamel gigi.

Bahan yang biasanya terkandung di dalam pasta gigi yang perlu diwaspadai, antara lain:

  • Triclosan, Merupakan zat anti bakterial dan jamur. Sering dikaitkan dengan masalah kesehatan seperti ketidak seimbangan hormon (endocrine disruptor)
  • Sodium Lauryl Sulfate (SLS), berfungsi untuk mengentalkan dan menghasilkan busa. Menimbulkan masalah iritasi kulit
  • Aspartame, Saccharine, pemanis buatan, menyebabkan kerusakan jaringan kulit
  • Fluoride, masalah ketidakseimbangan hormon dan saraf
  •  Propylene Glycol, masalah kulit, mata dan iritasi paru-paru
  •  Deithanolamine (DEA), masalah ketidakseimbangan hormon
  • Glycerin, tidak beracun namun ketika digosok ke permukaan gigi terdapat lapisan proteksi yang sulit dihilangkan dan harus dicuci berkali kali. Lapisan ini menyebabkan kalsium dan phosphorus yang dibutuhkan gigi (biasanya terdapat di air ludah) tidak terserap sehingga menyebabkan masalah pada gigi.
  • Sorbitol, pengental dan pelembab pasta gigi agar tidak kering dan mengeras. Digunakan juga sebagai pemanis pada permen karet, yang dapat menyebabkan diare.

Ironis sekali rasanya, disaat saya berpikir saya memberikan PERLINDUNGAN TERBAIK untuk keluarga, yang terjadi adalah memaparkan diri saya dan keluarga pada zat-zat berbahaya. Jadi bagaimana ?

BACA LABEL : JADILAH CERDAS DAN JELI

Mulailah dengan rajin membaca label untuk mengetahui zat-zat yang terkandung dalam pasta gigi yang dipakai.

Jadi apa pilihan kita ?

Banyak merk-merk pasta gigi yang beredar di pasaran dan tidak sedikit yang melabelkan produknya “natural” bila dibaca dengan teliti mengandung bahan kimia yang berpotensi membahayakan sistem tubuh, namun dipromosikan seperti berguna untuk kita.

Sebisa mungkin hindari zat-zat kimia berbahaya. INGAT apapun yang masuk ke dalam mulut kita, akan terserap ke dalam tubuh kita.

RESEP PASTA GIGI BUATAN SENDIRI :

  • 1: 1 coconut oil : baking soda
  • 1 tetes minyak essential (peppermint)
  • Stevia secukupnya
  • Sedikit Himalayan Salt untuk menambah mineral.

Leave a Reply